Translate

Rabu, 25 April 2012

Sang Juara


Seorang juara bukanlah selalu seorang yang menang di setiap kejuaraan, bukan juga seorang yang mempunyai banyak koleksi gelar dan trophy di lemarinya tetapi seorang juara adalah seorang bisa mengontrol dirinya ketika dia sudah unggul dari yang lainnya, seorang yang lebih dahulu datang merangkul dan berjabat tangan dengan tim yang kalah oleh timnya, seorang yang selalu membutuhkan anggota tim yang lainnya walaupun sebenarnya dialah tumpuan dari tim, seorang yang selalu berlapang dada menerima kekalahan dan mengucapkan selamat kepada yang menang, seorang yang selalu berfikir dan berintrospeksi pada dirinya bukan menyalahkan orang lain ketika mengalami kekalahan, dan yang terakhir seorang juara adalah seorang yang selalu siap untuk kalah.
Seorang juara lahir melalui proses yang panjang dan tidak sebentar. Dalam pendidikan sepakbola, seorang juara harus mengerti tentang kedisiplinan, kerja keras dan kerjasama. Karena pada hakikatnya kemenangan suatu tim tidak terlepas dari kata-kata kunci tersebut (disiplin, kerja keras dan kerjasama). Melalui latihan intensif, pertandingan kompetitif, seorang juara dapat lahir dan tentunya juga perlu dukungan positif dari elemen-elemen pendukung di sekitarnya (pelatih, orangtua, supporter, teman dan lingkungan).
Apalah arti banyaknya trophi apabila pemain-pemainnya tidak memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik, apalah artinya sering menang dimana-mana tapi tidak pernah menghormati tim yang kalah atau bahkan merendahkannya. Yang dibutuhkan adalah bukan banyaknya trophi atau gelar juara yang didapat, tetapi trophi-trophi berjalan (individu dengan karakter juara) yang dapat memberikan kontribusi positif tidak hanya di lapangan hijau akan tetapi juga di luar lapangan hijau (kehidupan bermasyarakat).
ASTAM (Akademi Sepakbola Talas Muda) mempunyai niat dan tujuan melahirkan trophi-trophi berjalan, melahirkan pribadi-pribadi yang tangguh di dalam dan luar lapangan yang pada akhirnya dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa ini melalui sepakbola.
Disiplin, Kerja Keras, Kerjasama...ASTAM, ASTAM, ASTAM!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar